Pipeline Engineer Note

Sunday, August 30, 2015

Nominal Pipe Size, Pipe Schedule dan Diameter Normal

Nominal Pipe Size, Pipe Schedule dan Diameter Normal

Nominal Pipe Size (NPS) 

adalah standar pipa Amerika Utara yang digunakan pada pipa bertekanan tinggi atau rendah dan bersuhu tertentu. Ukuran pipa ditentukan oleh dua satuan non-dimensional: Nominal Pipe Size (NPS) untuk diameter pipa berdasarkan inci, dan Schedule (SCH) untuk ketebalan dinding pipa.

Diameter nominal (DN) 

digunakan dalam sistem unit metrik. Hal ini menunjukkan ukuran pipa standar bila diikuti dengan penunjukan tertentu tanpa simbol milimeter. Misalnya, DN 50 adalah sebutan setara dengan NPS 2. 
Untuk NPS ≥ 4, nilai DN sama dengan 25 dikali dengan nilai NPS.

Nominal Pipe Size (NPS) adalah ukuran karakteristik non-dimensional pipa. NPS menunjukkan ukuran standar pipa bila diikuti dengan ukuran spesifik tertentu tanpa simbol inci. Misalnya, NPS 8 menunjukkan pipa yang berdiameter luar 219,08 mm. NPS sangat longgar terkait dengan diameter dalam pipa dalam satuan inci, tapi hanya untuk NPS 1/8 sampai NPS 12. 
Untuk NPS 14 atau lebih, nilai NPS adalah sama dengan outside diameter (OD) dalam inci. 

Contoh :
Actual outside diameters
·         NPS 2 actual O.D. = 2.3/8"  (60.3 mm)
·         NPS 3 actual O.D. = 3.1/2"  (88.9 mm)
·         NPS 4 actual O.D. = 4.1/2"  (114.3 mm)
·         NPS 12 actual O.D. = 12.3/4"  (323.9 mm)
·         NPS 14 actual O.D. = 14"  (355.6 mm)
·         NPS 16 actual O.D. = 14"  (406.4 mm)

Untuk tiap nilai NPS yang diberikan, nilai OD adalah konstan sementara ketebalan dinding meningkat pada SCH yang lebih besar. Untuk setiap nilai SCH yang diberikan, nilai OD akan meningkat seiring dengan meningkatnya nilai NPS sementara ketebalan dindingnya bertambah atau tetap konstan.

Pipe Schedule (SCH) menyatakan ketebalan sebuah pipa. Untuk semua ukuran pipa, OD relatif konstan. Pada setiap variasi ketebalan pipa pada SCH yang berbeda hanya mempengaruhi Inside Diameter (ID) pipa saja. Semakin tinggi SCH pipa, ketebalan pipa meningkat, sementara ID nya berkurang. Besaran ID ditentukan oleh besaran nilai ketebalan pipa (Wall Thickness).

STD secara inklusif identik dengan SCH 40 untuk NPS 1/8 - NPS 10 . XS identik dengan SCH 80 untuk NPS 1/8 - NPS 8. XXS wall thicknessnya lebih tebal daripada SCH 160 pada NPS 1/8 " - NPS 6" , dan SCH 160 wall thicknessnya lebih tebal daripada XXS untuk NPS 8 atau lebih besar.

Tabel dibawah ini menunjukkan hubungan antara Nominal Pipe Size (NPS), Diameter nominal (DN) dan Outside Diamater (OD) Pipa :


Tabel Pipe Schedule :
NPS– Nominal Pipe Size, NB – Nominal bore, STD – Standard, XS – Extra Strong, XXS – Double Extra Strong.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Nominal Pipe Size, Pipe Schedule dan Diameter Normal

2 comments:

  1. Bagi anda yang ingin membeli pipa, sangat penting untuk memastikan nominal diameter pipa yang ditawarkan oleh supplier. Pasalnya sering terjadi beda persepsi antara nominal diameter yang diinginkan oleh user dan nominal diameter yang ditawarkan oleh supplier.

    Pipapedia adalah supplier pipa PVC, HDPE dan PPR yang terpercaya dan telah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun dalam bidang supply pipa. Bagi anda yang membutuhkan pipa, silahkan kunjungi https://pipapedia.com

    ReplyDelete